Thursday 19 January 2012

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dalam perkembangan teknologi, ada beberapa pengertian tentang teknologi informasi antara lain:
  • Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu kita bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan data.
  • Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, tetapu juga untuk mengirimkan informasi.
  • Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputer dengan jalur komunikasi berkecapatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
Dengan demikian, pengertian teknologi informasi merupakan gabungan antara teknologi komputer dengan teknologi telekomunikasi. 

Teknologi komputer

Teknologi komputer merupakan teknologi yang berhubungan dengan komputer, termasuk peralatan yang berhubungan dengan komputer seperti printer, keyboard, mouse, monitor harddisk, ram, vga, dan bahkan CD-ROM. Oleh sebab itu komputer disebut mesin serbaguna yang dapat dikontrol oleh program yang digunakan untuk mengolah data menjadi informasi.Program adalah sederetan instruksi/perintah yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki oleh pembuatnya. Data merupakan bahan mentah bagi komputer yang dapat berupa angka, huruf/karakter, maupun gambar. Informasi adalah bentuk data yang telah diolah sehingga dapat menjadi bahan yang berguna untuk pengambilan keputusan.


Teknologi Telekomunikasi

Teknologi telekomunikasi merupakan teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Seperti Telepon, radio dan televisi.






No comments:

Post a Comment

Like this.. !!!