Monday 30 January 2012

Mendemonstrasikan Pemakaian E-mail

 A. Pengertian E-mail

    E-mail berasal dari bahasa inggris yang merupakan singkatan dari electronic mail. E-mail terdiri atas dua kata yang secara harfiah electronic berarti elektronik dan mail berarti surat. Jadi, e-mail  berarti surat elektronik.  Jadi e-mail memiliki arti sebuah sarana untuk berkirim surat melalui internet. Kita bisa mengirimkan e-mail ke siapapun dan di manapun yang memiliki alamat e-mail, asalkan terhubung ke internet.

   E-mail. sebenarnya sama dengan surat biasa dalam pengertian sehari-hari. Jika surat ditulis pada selembar kertas, sedangkan e-mail diketikkan pada sebuah file; surat dimasukkan kedalam amplop, sedangkan email tersimpan dalam account e-mail yang dilindungi dengan user name dan passwaord; surat dikirim menggunakan perangko, sedangkan e-mail membutuhkan koneksi internet yang harus kita bayar ke ISP Internet Service Provider; surat diantarkan oleh jasa pos sedangkan e-mail diantarkan oleh jaringan internet. Alamat e-mail tersimpan di server dengan format tertentu, seperti aku_guanteng@gmail.com, sedangkan alamat surat ditulis dengan nama, alamat, kota, dan kode pos; serta e-mail murah dan singkat waktunya, sedangkan surat memakan biaya dan waktu yang lama.


   E-mail dikelola sebuah ISP dengan menggunakan server khusu mail yang disebut mailserver. Semua e-mail pada ISP tersebut tersimpan pada maikserver. Mailserver  juga mengawasi dan mengatur lalu lintas e-mail. Jadi, jika mailserver rusak ataupun mengalami gangguan, maka aktivitas pengiriman dan penerimaan e-mail tidak bisa dilakukan. Sama halnya jika kantor pos tidak berfungsi, maka kita pun tidak bisa mengirim surat.

   Bagaimana cara mendapatkan akun-nya? Mudah sekali, kunjungi situsnya seperti gmail, yahoo, dll. Maka kita akan dipandu untuk membuat akun e-mail. Hanya dalam hitungan menit kita sudah memiliki akun e-mail aktif dan siap untuk mengirim dan menerima e-mail dari manapun. Setelah mendaftar maka kita mempunyai sebuah akun dengan user nama  dan password-nya.

   Program e-mail sangat mudah digunakan sehingga setiap orang biasanya langsung dapat mengoprasikannya. Berikut ini beberapa fungsi dan menu dasar yang perlu kita ketahui jika pertama kali menggunakan e-mail :
  • Mail, yaitu halaman untuk menampilkan form kotak surat.
  • Address, yaitu halaman untuk menampilkan daftar alamat e-mail.
  • Compose, yaitu tombol untuk membuat surat baru.
  • Inbox, yaitu link untuk melihat kotak surat.
  • Draft, yaitu link untuk melihat surat yang gagal dikirim.
  • Trash, yaitu link untuk melihat e-mail yang sudah terhapus.
  • Delete, yaitu tombol untuk menghapus e-mail yang diseleksi.
  • Spam, yaitu tombol untuk.menampilkan e-mail sampah.














1 comment:

Like this.. !!!